Selasa, 22 November 2022

Aksi Nyata Modul 1.4

 


Kegiatan Aksi Nyata Modul 1.4

Budaya Positif Sekolah

 

Oleh

Yuddy Christiawan, M.Pd

CGP A6-47

SMPN 4 Kota Mojokerto


Latar Belakang 

Budaya Positif di sekolah merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mengembangkan murid yang memiliki karakter kuat dan berakhlak sesuai profil pelajar pancasila seperti yang dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan di Indonesia. Budaya positif dapat dibangun dengan syarat sekolah perlu menyediakan lingkungan yang positif, aman, dan nyaman agar muridmampu berfikir, bertindak, dan mencipta secara merdeka, mandiri, dan bertanggungjawab. Salah satu strategi yang perlu ditinjau ulang adalah penerapan disiplin yang selama ini dijalankan di sekolah. Kesadaran akan penerapan disiplin belum berdasarkan motivasi internal, dimana pembiasaan positif yang diterapkan bukan disiplin positif, namun masih menganut sistem penghargaan dan hukuman. Model disiplin yang dibangun masih belum berpusat pada siswa selain itu posisi kontrol guru belum sampai pada tahap manajer melainkan sebagai penghukum dan pembuat siswa merasa bersalah.

Sebagai Guru, tujuan kita adalah menciptakan murid yang memiliki disiplin diri sehingga mereka bisa berperilaku dengan mengacu pada nilai-nilai kebajikan universal dan memiliki motivasi internal. Murid yang memiliki disiplin diri berarti mampu bertanggungjawab terhadap apa yang dilakukannya. Bagaimana Peran kita sebagai pendidik dapat menumbuhkan disiplin diri pada diri siswa sehingga siswa mampu menggali potensinya menuju kepada sebuah tujuan, sesuatu yang dihargai dan bermakna, mengontrol diri, menguasai diri untuk memilih tindakan yang mengacu pada nilai-nilai yang dihargai. Bagaimana budaya positif yang sudah ada disekolah berkembang menjadi karakter semua warga sekolah. Bagaimana pendidik menumbuhkembangkan budaya positif dalam mewujudkan karakter profil pelajar pancasila, dan bagaimana menerapkan disiplin restitusi di posisi monitor dan manajer sehingga lingkungan yang positif, aman dan nyaman dapat terwujud

Tolok Ukur

        Terbentuknya keyakinan kelas sebagai landasan dalam memecahkan permasalahan yang ada dikelas. Konsistensi muriddan walikelas dalam menjalankan keyakinan kelas. Diharapkan minimal 75% murid sudah menunjukkan menguatnya karakter positif seperti religius, peduli, disiplin, toleransi, gotong royong dan bertanggungjawab pada proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran. Munculnya karakter berdaya nalar kritis pada proses pembelajaran yang terlihat dari keaktifan muriddalam bertanya, berpendapat/berargumen, dan menjawab pertanyaan dari guru.

 Dukungan

·         Kepala Sekolah dan rekan Guru sejawat.

·         Orang tua dan komite sekolah.

·         Murid dan masyarakat sekitar.

·         Sarana dan prasarana sekolah yang memadai.

·         Media yang diperlukan


Refleksi

        Setelah melakukan kegiatan aksi nyata Modul 1.4 ini diharapkan tumbuh nilai-nilai positif dari segenap warga sekolah mengenai budaya positif yang dapat diterapkan di dalam kegiatan pembelajaran dan pembiasaan sehari-hari untuk mewujudkan generasi yang cerdas dan berkarakter.

Link video dokumentasi kegiatan Aksi Nyata Modul 1.4

https://youtu.be/RlkXKTsqsRY