Senin, 15 Maret 2010

Mempercepat Loading Pada Komputer

Ada kalanya komputer yang biasanya kita gunakan menjadi lambat/lemot. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor internal maupun eksternal. Adapun beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mempercepat kinerja komputer Anda:

Kurangi beban Start Up pada Registry

Banyaknya program aplikasi yang sudah kita install bias membuat proses start-up menjadi semakin lama. Hal ini disebabkan karena program-program yang anda install tersebut akan menambahkan beberapa perintah tertentu pada registry saat computer dalam proses start-up.

* Klik menu [Start > Run...] lalu pada jendela Run ketik [regedi] lalu klik [Ok]
* Buka [HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run] lalu hapus semua perintah yang anda anggap tidak penting dijalankan saat startup.
* Setelah itu buka [HKEY_LOCAL_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run] dan lakukan langkah yang sama dengan langkah di atas.

Bersihkan Folder Start-Up

* Klik Menu Start > All Programs > Start Up dan kemudian delete semua file yang ada pada Folder Start Up.
* Setelah proses pertama di atas selesai, kemudian buka C:\ Documents And Settings \ Start Menu \ Programs \ Start Up lalu kemudian bersihkan kembali semua file yang ada di sana.
* Klik Menu Start > Run….. lalu ketik ; msconfig lalu pilih [OK]
* Pada jendelah System Configuration Utility pilih tab Start Up lalu hilangkan tanda centang ( √ ) pada program yang anda anggap tidak perlu diaktifkan saat computer start-up.

Matikan Service Yang Tidak Diperlukan

* Untuk Windows XP salah satu komplotan pembuat lambat adalah komponen Service. Komponen Service sebenarnya adalah tool administrative yang bisa dipakai untuk mengatur jaringan computer dan komponen system yang lain.
* Klik Menu Start > Run….. lalu ketik ; msconfig lalu pilih [OK]
* Pada jendelah System Configuration Utility pilih tab Service lalu hilangkan tanda centang ( √ ) pada service yang anda anggap tidak perlu diaktifkan saat computer start-up.
* Jika anda bingung menentukan bagian mana yang harus maka jalan pintas adalah beri tanda centang ( √ ) pada Hide All Microsoft Service
* Jika anda ragu mengenai serice mana yang boleh dihilangkan dan mana yang tidak boleh, ada baiknya anda membaca keterangan setiap service tersebut pada Service Control Panel dengan cara ; Klik Start > Run… lalu ketik services.msc lalu klik [OK]. Yang harus and baca pada jendela ini adalah DescriptionServices
* Apabila Description dari setiap Services sudah anda pelajari dengan baik maka untuk mematikan service tersebut secara permanent adalah dengan cara klik kanan pada service yang bersangkutan lalu pilih Propertis dan pada tab General terdapat Startup type, lalu kemudian pilih Disable.

Kosongkan Folder Prefetch

* Untuk computer yang sudah lama kita gunakan, cobalah anda buka C: \ Windows \ Prefetch. Pada folder ini anda akan menemukan puluhan bahkan ratusan file yang sebenarnya sebagian besar diantaranya sudah tidak kita perlukan lagi, bahkan semuanya boleh dihapus. Apa gunanya file-file tersebut ? Pada saat kita membuka suatu file atau program maka computer akan membuat sebuah file pemandu agar jika dikemudian hari kita membuka file/program yang sama prosesnya akan lebih cepat. Namun karena kejadian ini terjadi berulang-ulang dan bahkan untuk item yang tidak diperlukan Windows melakukan hal yang sama sehingga Folder Prefetch akan berisi tumpukan file tidak kita perlukan lagi. Hapus saja semua file yang ada di sana.

Non-aktifkan XP Splash Screen

Pada saat proses booting logo XP akan selalu muncul sebelum akhirnya kita sampai ke Desktop. Jika logo ini dinonaktifkan dapat mempercepat waktu booting beberapa detik. Buka System Configuration Utility melalui Start > Run… dan ketik msconfig lalu [OK]. Pilih tab BOOT.INI lalu beri tanda centang pada /NOGUIBOOT, kemudian klik [OK]

Defragment

Inilah cara paling tua dan paling umum yang bias kita lakukan. Mengapa harus Defrag ? Karena Hard Disk adalah ibarat sebuah Perpustakaan yang kita pakai tiap hari. Mengutak-atik buku dalam perpustakaan lama-lama akan membuat buku-buku tersebut berserakan dimana-mana, sehingga pada suatu hari jika kita ingin membaca buku tertentu kita butuh waktu beberapa lama untuk mengingat kembali diman buku tersebut kita simpan. Buku-buku yang berantakan tadi adalah sama dengan program/file-file dalam hard disk. Dengan demikian Defragment adalah kira-kira sama dengan menyusun kembali buku-buku perpustakaan yang berantakan.

Logon Otomatis

Jika kita memasang password username, Logon otomatis dimaksudkan agar Windows langsung logon ke username tanpa harus memasukkan password setiap kali masuk ke Windows. Pengaturannya terdapat dalam registry.

* Buka Registry Editor
* Masuklah ke [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\CurrentVersion\Winlogon]
* Pada jendela sebelah kanan klik kanan mouse kemudian pilih [New > String Value].
* Berinama [AutoAdminLogon] kemudian isikan value datanya dengan angka 1
* Buat string value baru dengan nama [DefaultPassword] kemudian isikan value datanya dengan password user anda.
* Buat string value baru lagi dengan nama [DefaultUserName] kemudian isikan value datanya dengan username anda.
* Setelah itu tutup registry dan restart PC.

Optimalkan Boot Disk

Salah satu fasilitas yang bias kita manfaatkan untuk mempercepat booting adalah Boot Disk. Fitur ini harus atur agar bisa berfungsi maksimal.

* Buka Registry Editor
* Masuklah ke [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction]
* Pada jendela sebelah kanan klik kanan mouse kemudian pilih [New > String Value] dan beri nama [Enable]
* Klik ganda string value-nya dan isikan nilainya dengan [y] untuk mengaktifkan
* Tutup registry dan restart PC.

Catatan :

Hampir semua setting pada Windows yang kita uraikan di atas harus diakhiri dengan me-restart PC

1 komentar:

  1. maaf bos hanya menegaskan yang ditulis di jendela run itu bukan regedi melainkan regedit......

    BalasHapus