Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 05 Juni 2009

Buat Dokumen Format PDF

Free PDF Printer

pdfprinter Ada beberapa pembaca maseko.com yang menanyakan bagaimana caranya membuat dokumen dalam format Portable Document Format (PDF). Jika Anda termasuk pengguna OpenOffice.org, tentunya sudah mengetahui bahwa ketika akan menyimpan dokumen yang telah dibuat, Anda dapat memilihnya untuk menyimpan dalam format PDF. Jika fasilitas menyimpan sebagai file PDF sudah built-in pada OpenOffice, bagi pengguna Microsoft Office 2007 yang ingin menyimpan dokumennya sebagai file PDF, Anda perlu menginstall add-in khusus untuk keperluan ini.

Selain dengan cara langsung di atas, sebenarnya ada cara yang menurut saya lebih fleksibel untuk menyimpan dokumen dalam file berformat PDF, yaitu dengan menggunakan software PDF printer.

Dengan menginstall software PDF printer maka pembuatan file PDF dapat dilakukan dari semua program yang mempunyai fasilitas untuk mencetak pada printer. Software PDF printer seperti ini akan menambah jenis printer virtual dalam komputer Windows Anda. Jika ketika menggunakan suatu program misalnya Notepad dan Anda ingin menyimpan hasilnya sebagai file PDF, maka melalui program tersebut, Anda melakukannya seperti akan mencetak melalui printer biasa, namun di sini Anda memilih nama printer dari software PDF printer yang diinstall, dan hasil cetakan tersebut akan disimpan sebagai file PDF.

Apa saja software PDF printer yang dapat digunakan? Di bawah ini ada beberapa software PDF printer yang dapat Anda gunakan secara gratis.

Dari beberapa software yang saya sebutkan di atas, secara pribadi saya lebih memilih menggunakan Bullzip PDF Printer. Meskipun pada saat instalasi perlu untuk menginstall juga Ghostscript seperti juga pada instalasi CutePDF, fitur yang diberikan lebih banyak. Selain hasil cetakan disimpan sebagai file PDF, Bullzip PDF Printer juga dapat menyimpannya sebagai file BMP, JPEG, PCX, PNG, dan TIFF. Untuk besar file PDF yang terbentuk pun hasil dari Bullzip PDF Printer relatif lebih kecil seperti halnya hasil dari PDF Creator dan tidak seperti Primo PDF yang besar file PDF yang dihasilkan cukup besar.

Tentunya Anda dapat mencoba-coba sendiri dan menentukan software PDF printer mana yang sesuai untuk keperluan Anda. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar