Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 21 November 2008

Service Hardware Komputer 1

SanDisk Kembangkan USB Bebas Virus


USB flash disk kerap menjadi salah satu media penyebaran virus karena penggunaannya dari satu komputer ke komputer lain. Ini membuat USB rentan disusupi virus dari komputer yang terinfeksi.
Untuk itulah SanDisk mengembangkan USB yang dapat melindungi data dari serangan virus pada USB Cruzer Enterprise miliknya. Perusahaan anti virus McAfee pun digandeng sebagai penyedia antivirusnya.
Computerworld yang dikutip detikINET, Kamis (23/10/2008) melansir, setiap file yang akan dicopy atau disimpan ke dalam USB secara otomatis akan discan oleh antivirus engine McAfee. Jika ada file yang terdeteksi bervirus dari PC, maka file tersebut akan ditolak agar tidak menyebar.
Soal masalah data hilang, SanDisk sendiri telah menautkan sistem enkripsi Advanced Encryption Standard (AES) 256 bit pada USB Cruzer-nya.
Kombinasi antivirus dan AES ini diyakini dapat melindungi konsumen dari kehilangan data serta kemungkinan USB terinfeksi malware ketika terhubung ke PC yang terinfeksi virus. Tidak disebutkan berapa harga USB 
(sumber:detik-net,Picture from www.sandisk.com)

Sambil mengisi waktu luang aku baca buku petunjuk penggunaan kartu Flexi. Mulai dari cover depan sampai info tarif dan fitur, selesai kubaca sampai akhir kurang dari 5 menit. Selesai membaca fitur dari buku panduan itu, terlintas dalam benak ku untuk mengawinkan nomor CDMA Flexi ke nomor GSM ku. Tidak pake lama lagi . . . langsung ku coba . . . dan akhirnya HP GSM ku jadi GSM CDMA 2ON.
Yang kulakukan hanya mengetikan *74 dari HP CDMA kemudian kutekan tombol panggil di HP. Aku matikan HP CDMA ku dan ku coba mengghubungi nomor CDMA ku dari telpon rumah dan . . . HP GSM ku yang menerima panggilan.
Jadi deh satu HP dengan 2 nomor (GSM dan CDMA).
Cara di atas adalah fitur Call Forwarding, yaitu pengalihan panggilan ke nomor lain. Ada 4 cara pengalihan yang ditawarkan Flexi, yaitu:
1. Mengalihkan semua panggilan ke nomor yang dikendaki.
Cara mengaktifkan: [*71][Nomor yang dikehendaki][ok/yes]
Cara menon-aktifkan: [*710] [ok/yes]
2. Mengalihkan panggilan apabila sibuk atau tidak menjawab panggilan.
Cara mengaktifkan: [*72][Nomor yang dikehendaki][ok/yes]
Cara menon-aktifkan: [*720] [ok/yes]
3. Mengalihkan panggilan apabila sibuk
Cara mengaktifkan: [*73][Nomor yang dikehendaki][ok/yes]
Cara menon-aktifkan: [*730] [ok/yes]
4. Mengalihkan panggilan apabila tidak menjawab panggilan.
Cara mengaktifkan: [*71][Nomor yang dikehendaki][ok/yes]
Cara menon-aktifkan: [*710] [ok/yes]
Sumber: buku panduan Flexi
Untuk esia, caranya :
Cara mengaktifkan: [*12][Nomor yang dikehendaki][ok/yes]
Cara menon-aktifkan: [*120] [ok/yes]
Sumber:call dari no esia *999
Selamat mecoba !!!!

3 Solusi Ketika USB Flash Drive Ngadat


Media penyimpanan USB Flash Drive seringkali ngadat tak mau dilepas secara aman dari komputer. Seperti dikutip detikINET dari PCWorld, Selasa (15/4/2008), berikut beberapa tips praktis untuk mengatasinya.
1. Manfaatkan 'Task Manager'
Seringkali ketika akan dilepas dari komputer, terdapat pernyataan USB Flash Drive tak aman dicopot. Jika Anda sudah menutup semua program dan USB Flash Drive tetap ngadat tak mau dilepaskan, cobalah memakai aplikasi 'Task Manager'.
Tekan 'Ctrl-Alt-Delete' secara bersamaan untuk memunculkan 'Task Manager' di Windows XP. Kemudian klik tab 'Processes'. Setelah itu, periksalah detail proses-proses komputasi yang sedang terjadi di sini.
Jika terdapat proses yang kira-kira berasal dari USB Flash Drive, pilihlah proses tersebut kemudian tekan 'end process'. Kemudian, cobalah untuk kembali melepaskan USB Flash Drive.
2. Alternatif Lain
Namun jika dengan cara di atas USB Flash Drive tetap dinyatakan tak aman dilepas, ada 2 pilihan yang bisa diambil yaitu:
- Matikan komputer kemudian cabut USB Flash Drive tersebut.
- Atau Anda bisa menempuh risiko dengan langsung saja mencabut USB Flash Drive. Langkah ini dinilai tak menimbulkan masalah jika USB Flash Drive dicopot saat seluruh programnya telah ditutup. Namun tiada jaminan Flash Drive Anda aman dengan cara ini.
3. Pakai Software 'USB Safely Remove'
Anda juga bisa mencoba versi trial software bernama USB Safely Remove. Software ini gunanya untuk menganalisis penyebab USB Flash Drive tak mau dilepas, kemudian menunjukkan solusinya. Hanya saja jika Anda ingin memiliki software ini secara permanen, Anda harus membayar sejumlah uang.


Apakah anda membutuhkan driver Flash drive untuk Windows 98SE.
Pada awalnya sedikit frustasi, karena sangat jarang dukungan driver untuk Win98. Flashdrive atau flashdisk model terbaru umumnya tidak dapat digunakan / terhubung lagi oleh Windows 98SE. Sementara beberapa PC masih mengunakan OS Win98 dengan alasan tertentu.
Kami menemukan sebuah driver dari produk Corsair Voyager, ternyata dapat membuka FlashDrive dari Corsair Voyager dan Sapphire Ivory MP3 player.
Dibawah ini capture dari screen shot SisoftSandra, menditeksi kedua jenis perangkat tersebut.
Dibawah ini kami mencoba menghubungkan 2 buah model flash drive yang sebelumnya tidak dapat dibuka dari OS Win98. Dengan board chip-set Intel i915G, dan computer di install dengan driver terbaru. Kedua perangkat dapat terhubung sebagai drive.


Bila anda memiliki masalah driver dari OS Win98SE dengan flashdrive terbaru. Bisa mencoba dan mendownload driver dibawah ini atau langsung melalui situs Corsair dengan nama file SYQ131ce555d_FV Win98 Drivers.zip bagian download.

Cara Membuka Phone Lock/Security Code Nokia

Artikel ini untuk menjawab pertanyaan saudara Fachry di kolom Shoutbox dan juga komunitas auto computer yang belum mengetahui cara membuka phone lock nokia.
Jika Anda mengalami masalah “Phone lock”, maka tidak perlu panik, karena ada beberapa langkah awal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan cara:
Masukkan kode standar yang biasa digunakan yaitu 12345, 1234, 0000. 000000 dan 000000000. Jika belum berhasil, coba lakukan dengan angka bebas. Anda gak perlu khawatir melakukan kesalahan memasukkan kode kecuali ada tampilan peringatan batas uji cobanya, dari pengalaman biasanya terdapat pada ponsel Siemens. Khusus untuk ponsel Samsung bisa dilakukan reset EEPROM langsung dengan memasukkan kode *2767*2878# dalam kondisi ponsel hidup tanpa menggunakan simcard. Jika belum berhasil juga maka Anda dapat membawanya ke service center untuk membuka Phone Lock. Umumnya langkah perbaikan dilakukan dengan cara software, melanjutkan pengenalan cara menggunakan UFS TORNADO maka edisi kali ini kita akan mencoba memberikan langkah-langkah perbaikan software untuk mengatasi masalah ponsel yang terkunci oleh kode password (Phone Lock)
Membuka Phone Lock Nokia
DCT-3 (3610, 2100, 8210, 8250, 3310, 3315 … 6090)
Hubungkan ponsel dengan UFS tornado pada PC
Pastikan ponsel sudah terkoneksi dengan baik klik menu ‘check’ pada tampilan tornado di PC.
Pilih DCT 3
Klik jenis ponsel yang akan di unlock.
Klik reset user lock 2x
Lalu klik full factory default 2x
Tunggu sampai OK
Klik disconnect

Membuka Phone Lock Nokia DCT-4
(8310, 3300, 3530, 3510, 7210, 3100…)
Hubungkan ponsel dengan UFS tornado
Pastikan ponsel sudah terkoneksi dengan baik
Pilih DCT 4
Klik ponsel yang akan di unlock
Klik reset user lock 2x
Lalu klik full factory default 2x
Tunggu sampai OK
Klik disconnect

Langkah-langkah inipun dapat Anda lakukan untuk melakukan perbaikan Phone Lockk untuk jenis ponsel WD2 (N-Gage, N-GageQD, 3650, 3660, 6600, 7610,…) dan BB5 (6630, 6680, N70, N90…(tabloid roaming)

atau ada cara kedua yang belum pernah saya praktekan :
Memang lebih mudah karena anda tidak perlu mempunyai hardware tornado+hwk yang kisaran harga saat ini diatas 1 juta,ada Aplikasi yang bisa buka PIN tanpa ngeflash HP,bagi pengunjung bisa mendapatkan aplikasi yang saya maksud disinihttp://www.esnips.com/doc/fbe83b25-b646-43d2-9fd9-92ed06b2e896/mcodecaranya cukup mudah tinggal menginstallnya pada HP kita yang ber OS Symbian ( contoh : 6600, 6630, 7610, N70, dll yang sejenis ) dan memasukkan IMEI HP yang ke Unlock. Jika ada pertanyaan hubungi via YM aja yah. So selamat mencoba n semoga bermanfaat bagi kita semua.
(dafis 2008/file uploaded by jinhp)

Di dunia saat ini telah dikenal berbagai macam tipe prosesor berdasarkan kapasitas tampungannya (bit), yakni processor 16 bit,32 bit dan yg baru saat ini 64 bit. Maksud baru disini ditujukan buat komputer kelas PC Desktop bukan Server loh.
nah dari berbagi macam jenis processor tersebut di atas apa perbedaannya ?
perbedaan terletak pada kapasitas atau daya tampung (bit) nya, misalnya 16 bit memiliki daya tampung hanya sebesar 16 bit, atau hanya mampu diisi dengan nilai sebesar 65.534 tidak lebih, kalau lebih maka jadinya negatif atau -1. Kok bisa? Nah tentang itu akan dijelaskan di lesson selanjutnya, sabar aja ok?. Lalu pada processor 32 bit maximal daya tampungnya lebih besar dibandiingkan dengan 16 bit, yaitu sebesar 4.294.967.294, dan terakhir processor 64 bit memiliki daya tampung yang tentu lebih besar dari 32 bit, yaitu sebesar 18.446.744.073.709.551.614, wuih besar ya. Nah itulah mengapa komputer dengan bit lebih besar larinya lebih kencang. Kenapa? Logikanya begini:

Cepat atau tidaknya suatu komputer itu tergantung dengan seberapa cepat processor dalam memproses instruksi, lebih cepat prosesnya maka lebih cepat pula larinya, nah bagaimana agar processor bisa memproses dengan cepat? Perbesarlah tampungannya. Hal ini sama dengan apabila anda disuruh membawa 10 ton beras menggunakan 1 becak dengan menggunakan 1 truk, lebih cepat selesai yang mana pekerjaannya? Yang pakai becak atau truk? Tentu saja truk, karena daya muatnya yang lebih besar dibandingkan becak. CLear?Senin, 2007 Juli 30

Membuat Cooling Monitor Sendiri Dari Bahan Pasar Loak

Ide ini sebenarnya dibuat setelah secara tidak sengaja berjalan mencari barang bekas di pasar Loak Kebayoran lama Jakarta. Melihat bahan dipasar tersebut sangat banyak sekali, termasuk fan, baut dan plastik paralon VPC yang sangat murah tetapi sangat lengkap.
Per yang ditemukan juga termasuk per bekas dari tape atau radio yang para pengusaha pasar loak mengumpulkan satu demi satu untuk membuat stock dagangan mereka. Ternyata setelah dipikirkan lebih lanjut dapat menjadi bahan yang menarik. Selain harganya yang gila gilaan murah, karena material tersebut hanyalah sampah dan menjadi nilai tambah bila diberikan kepada seseorang yang cukup kreatif.

Ide pembuatan ini juga didasari, karena tidak terdapat fan pendingin monitor yang memberikan jarak pada radiasi electromagnetik. Umumnya fan di pasaran hanya menyediakan fan yang digantung pada bagian atas monitor, tetapi akan menganggu tampilan layar.

Bahan dan Biaya
Bahan yang diperlukan :
2 Paralon PVC Joint
2 buah baut, 4 buah per, O ring, untuk pengait fan ke monitor
Busa atau packing bekas, atau plastik tebal
Solder Listrik
Extend kabel power
Fan 12 Volt DC 80 X 80mm

Kebutuhan waktu pembuatan:
Kurang dari 30 menit

Perkiraan biaya untuk membuat Cooling Monitor ala Pasar Loak  

Bahan                           Biaya 1      Biaya 2       Biaya 3
Baut dan per                    5.000         5.000         5.000
2 Paralon                        6.000         6.000         6.000
Extend kabel power          15.000       15.000       15.000
Fan bekas                       5.000             -             -
Fan Nidec 0.18A                  -           20.000          -
Fan RMB 0.3A                     -               -          35.000

Total                                  
31.000    46.000          61.000

Gambar material untuk cooling monitor

Bahan baut diperlukan 2 buah untuk penahan per, 2 buah per panjang, 2 buah per pendek dan 2 buah O Ring.



2 Paralon plastic PVC, dengan ukuran lebih besar pada bagian bawah dan atas untuk penyambung PVC bagian bawah.


Untuk pemasangan 2 buah PVC dapat digabung atau stackable. Cara ini untuk memberikan jarak pada fan yang akan memberikan gangguan gelombang magnetik ke monitor. Idealnya tinggi fan dengan jarak bagian atas monitor sekitar 15cm. Bila terlalu dekat dengan monitor, maka akan menimbulkan getaran pada gambar. Bagian bawah dibuat lebih besar agar fan lebih stabil berdiri diatas monitor.


Cara pembuatan


Gunakan solder listrik untuk membuat lubang baut. Atau dapat mengunakan bor listrik. Jangan membuat lubang terlalu besar, cukup melubangi agar baut dapat masuk diposisi depan. Lalu masukan O ring ke baut di sisi terdalam, dilanjutkan per pendek dan disusul per panjang. Masukan baut ke lubang paralon PVC dan gunakan obeng besar untuk memasukan baut. Semakin keras putaran semakin baik baut tertanam. Karena ukuran PVC setebal 3 milimeter akan dapat menahan ketegangan per. Mur hanya digunakan untuk memperkuat bila dirasakan kurang kuatnya pada baut pengakit yang tertanam di PVC.


Lakukan pada sisi lainnya dengan cara yang sama sehingga terbentuk seperti gambar dibawah ini. Untuk busa, packing bekas atau plastik tebal dapat dibuat dengan ukuran sesuai besarnya mulut fan dengan paralon PVC. Lubang dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan dengan cutter. Bila diperlukan, dapat ditambahan per lain pada sisi fan, tujuannya untuk memperkuat kedudukan fan agar tidak mudah bergerak. Setelah selesai, letakan fan ke atas tabung PVC dan letakan diatas monitor dan kaitkan per terpanjang ke badan monitor dan per pendek ke lubang fan. Selanjutnya sambungkan kabel extended dari power supply computer ke fan. Maka fan siap digunakan.



Hasil Disain tergantung kreatifitas
Ini lah hasilnya, pada gambar dibawah ini, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 30 menit bila seluruh bahan sudah lengkap.

Tampak Atas setelah installasi


Tampak Belakang setelah installasi



Tampak Depan setelah installasi



Mengapa dibuat


Mengapa dibuat, pertanyaan ini tentunya akan menarik. Dengan bentuk yang tinggi dan sederhana ini, maka pembuatan dengan bahan bekas akan bernilai tambah serta murah. Kendala saat ini, Fan untuk monitor jarang sekali didisain untuk ukuran monitor 15 inch keatas. Mengapa ? , Karena sulitnya menempatkan fan langsung pada monitor yang sangat dekat ke lubang ventilasi monitor dan akan menganggu tampilan layar monitor. Sebabnya, karena radiasi dari gelombang kumparan elektrik pada fan akan menggangu tembakan listrik pada monitor dan monitor akan menampilkan gambar bergetar bila terlalu dekat dengan fan. Umumnya dipasaran memang terdapat fan yang langsung ditempelkan pada bagian atas monitor. Cara ini tidak akan berguna karena menimbulkan efek gangguan pada tampilan layar seukuran 15" keatas.

Dengan bahan Paralon PVC, maka anda dapat memodifikasi baik bentuk disain dan model, asalkan jarak fan pada monitor sedikitnya diatas 15 centimeter keatas dari bagian atas monitor dan akan memperkecil gangguan elektromagnetic pada tampilan layar.
Untuk disain juga dapat diperindah dengan cat Pilox dengan warna sesuai selera anda. Hanya ini tentunya akan membuat biaya bertambah.
Untuk ukuran fan. Cooling monitor anda tidak akan tergantung pada fan yang ada dipasaran. Anda dapat mencari pada pedagang di pasar loak yang umumnya mengumpulkan fan bekas 12 Volt DC ukuran 80 X 80mm. Atau dapat mengambil dari bagian power supply bekas bila tidak ingin mengeluarkan biaya lagi. Atau bila ingin lebih baik untuk pendinginan, maka dapat digukankan fan ukuran power yang lebih besar seperti seri RMB dengan kekuatan 0.3A yang dapat mengambil udara panas pada monitor lebih besar lagi.
Dengan cara ini, suhu monitor akan lebih stabil dan dingin karena adanya putaran udara yang ditarik oleh fan pendingin. Tentunya kondisi suhu didalam monitor yang lebih dingin akan membuat umur monitor lebih lama. Khususnya bagi mereka yang memiliki monitor 17" keatas dan mahal akan sangat ingin merawat monitor mereka dan ini adalah satu alat untuk memperpanjang umur monitor anda. Minimal untuk menghindari kerusakan komponen karena terjadi overheating dengan pemakaian monitor di ruangan tanpa AC.
Mungkin menjadi kendala pada pembuatan cooling monitor dengan bentuk bagian atas monitor yang tidak rata. Bila monitor memiliki bagian yang tidak rata, maka dapat diberikan alas busa, karet bekas lainnya agar kedudukan paralon PVC dapat berdiri tegak. Juga pada fan yang ditampilkan diatas pipa PVC, dapat juga ditambahkan 2 pengait per tambahan. Agar tidak mudah bergerak, walaupun dengan 2 per saja cukup, apa salahnya memasangkan per di kedua sisi fan. Hal ini tergantung kebutuhan dan kreatifvitas anda.

Bila kesulitan mencari bahan paralon PVC anda dapat mencari di toko bangunan, dan lupakan biaya yang telah dibahas diatas. Untuk pembelian dari pedagang pasar loak, anda akan diterima dengan ramah tamah tanpa perlu menawar dan harganya sangat kompetatif. Percayalah..(obengware/www.autokomputama.com)

Permukaan pada Heatsink dan CPU sebenarnya tidak 100 % merata, sehingga harus diberikan thermal greese pada kedua permukaan tersebut. Pada processor yang bekerja standard, panas yang dihasilkan dapat diserap pada permukaan heatsink yang di dinginkan oleh fan. Pada kondisi Overclock terkadang panas pada permukaan CPU meningkat dan kondisi tersebut terkadang menjadi ekstrim dan membuat CPU menjadi langsung hang atau setelah bekerja beberapa waktu menjadi hang karena peningkatan panas tidak dapat diserap secara baik oleh heatsink.

Penyebab dari panas CPU yang tidak dapat ditekan oleh heatsink atau disebabkan udara dari fan tidak mencukupi arus udara untuk mendinginkan heatsink menyebabkan CPU overheating dan dapat berhenti bekerja karena mulfunction.
Tetapi bila Fan sudah dirasakan cukup kencang dalam memberikan udara tetapi temperature dirasakan masih tetap tinggi, salah satu penyebabnya dimungkinkan oleh permukaan heatsink dan CPU tidak menempel secara merata. Sebenarnya dalam kenyataan tidak ada heatsink yang 100% menempel secara rata pada permukaan CPU dan Heatsink. Hanya 60 sampai 90% permukaan saja yang dapat menyerap panas dan dapat dihantarkan pada oleh heatsink untuk diserap atau didinginkan oleh heatsink. Gap atau adanya permukaan heatsink yang tidak merata ini yang yang menyebabkan temperature CPU diatas normal, atau walaupun sudah mengunakan fan dan heatsink besar tetapi temperature tidak dapat ditekan semaksimal mungkin.
Untuk menekan masalah permukaan yang tidak merata dapat digunakan chemical yang disebut thermal greese. Thermal greese umumnya berbentuk Gel yang dioleskan pada permukaan CPU dan heatsink. Sisi kosong yang tidak dicover antara permukaan heatsink dan CPU dapat di isi oleh thermla greese tersebut. Sehingga seluruh permukaan CPU dan heatsink dapat menempel menjadi satu.

Gel Thermal greese jenis ini dapat menempelkan seluruh permukaan CPU dan Heatsink sehingga panas yang dikeluarkan dari CPU dapat diserap.


Sifat dari thermal greese sendiri tidak 100% menyerap tetapi terdapat selisih 3% dari kondisi 100% permukaan. Karena sifat gel ada cairan padat dan bukan bahan logam padat, penyerapan panas dilakukan hanya mencapai 97% dari seluruh permukaan yang telah diberikan thermal greese. Tetapi dengan thermal greese akan mendapatkan kondisi 97% panas pada CPU dapat diserap dan dilepaskan oleh heatsink. Pada percobaan Pentium III 500 E coopermine temperature terditeksi pada 33 deg.C dengan thermal greese hanya 30 deg.C. Untuk O/C 667MHz tanpa mengunakan thermal greese, temperature terditeksi pada 35 deg.C. Dan pada pengunaan thermal greese terditeksi konstan pada 31.5deg.C. Pada praktek dapat terlihat bahwa manfaat thermal greese memang dapat menekan temperature CPU walaupun tidak mencapai 100% , tetapi mengurangi dari friksi maksimum 80% yang dicapai pada penempelan heatsink CPU tanpa thermal greese. Temperature CPU akan terlihat lebih rendah dibandingkan tanpa pengunaan thermal greese.(obengware/www.autokomputama.com)

Artikel ini membahas bagaimana memeriksa voltage power supply. Power dari power supply dibagi dengan beberapa connector yang membagi antara 12V, 5V dan3.3Volt. Cara termudah adalah memeriksa output power ketika power sedang bekerja.

Dibawah ini adalah cara memeriksa power supply mengunakan multimeter

Susunan cable pada power supply
Pada format power supply masih dibagi antara beberapa form factor. Standard power supply ATX dan BTX tetap mengunakan 3 bagian voltage seperti yang dikemukakan diatas. Versi ATX saat ini sudah memiliki versi 1.3 dimana terdapat tambahan power SATA untuk perangkat terbaru seperti SATA harddisk. Sedangkan form factor terbaru adalah BTX yang merubah pemakaian AUX dan menambahkan pin main power dari 20pin menjadi 24 pin. Tetapi dasarnya tetap sama dimana 12V, 5V dan 3.3V adalah voltage yang digunakan pada output voltage power

Dibawah ini adalah gambaran connector dari power supply dengan masing masing output voltage menurut standard power supply ATXConnector pada power supply ke mainboard








3.3 volt
Untuk memeriksa voltage 3.3V dapat digunakan 2 connector. Pertama adalah dengan mengunakan cable Main Connector. Dan mencari kabel berwarna Orange dengan Black, Orange adalah 3.3V+ dan Black adalah 3.3V-.
Tetapi cara termudah adalah mengunakan cable yang tidka terpakai seperti AUX connector yang terdiri dari 5V+, 3.3V+.3.3V+, Com, , Com, Com. Caranya seperti pada gambar dibawah ini. Dimana cabel Aux connector dihubungkan antara Plus dengan Orange dan Minus dengan Black untuk memeriksa 3.3 Volt


5 Volt dan dan 12V
Untuk memeriksa 12V dan 5V paling mudah.
Gunakan cable Peripheral connector dengan warna Red, Black, Black dan Yellow.
Untuk mendapatkan 5V, hubungkan multimeter antara Plus Red dengan Black Minus



Sedangkan 12V dihubungkan antara Plus Yellow dan Black Minus



Toleransi power
Tidak semua power akan menunjukan angka persis 12V, 5V dan 3.3V. Toleransi power dapat dilihat pada bagian gambar dibawah ini.

Misalnya power anda memiliki output 3.4V atau 3.45V pada 3.3V. Output tersebut masih dapat diterima dengan batas toleransi. Dan 5V dengan 12V masih dapat diterima bila tidak melebih 5.25V dan 13V
Umumnya output power supply berada diantara persentase pada gambar diatas. Untuk kondisi terbaik, voltage 3.3V tidak lebih dari 3.4V. Untuk 12V tidak lebih dari 12.5V dan 5V tidak lebih dari 5.2V. Bahkan pada beberapa power supply juga dapat menunjukan voltage lebih rendah tetapi bila tidak terlalu rendah hal ini masih dapat diterima dari persentase batas teleransi maka power masih memiliki output yang memadai.
Untuk kondisi tidak normal, output power supply berada diatas ambang batas persentasi seperti gambar diatas. Terlalu tinggi akan menyebabkan perangkat menjadi overvoltage dan menjadi panas, terlalu rendah juga akan memberikan ketidaktabilan pada CPU atau perangkat hardware.

Kedepan dengan BTX
Sedikit ulasan pada BTX power. Perubahan pada standard ATX dan BTX sebenarnya hanya terletak pada 4 pin tambahan. ATX memiliki 20pin power sedangkan BTX memiliki 24pin power. Dibawah ini adalah letak perbedaan pada power BTX jack power mainboard (bukan jack power connector power supply) dimana pada bagian paling bawah yang diberikan warna adalah 4 pin tambahan baru pada standard BTX



Result
Uraian diatas sedikit dapat memberikan pengetahuan bagaimana memeriksa power supply anda. Yang perlu di ingat adalah power supply tidak akan memiliki output yang presisi seperti harus menunjukan angka 12.0V, 5.0V dan 3.30V. Dipastikan ada sedikit perubahan angka baik lebih besar dan lebih kecil. Tetapi output power haruslah sesuai ketentuan dari batas toleransi, dan tidak melebihi toleransi maka power supply masih memiliki output yang benar dan layak digunakan.
Untuk kondisi terbaik pemeriksaan power ada yang mengunakan cara memeriksa output dengan kondisi power tanpa beban atau tidak dipasangkan pada perangkat computer. Tetapi ada yang memilh cara mudah dengan memeriksa ketika power supply sedang dihubungkan keperangkat PC atau mainboard. Cara ini memiliki dampak baik dan buruk. Bila power supply diperiksa ketika dipasangkan hardware nilai positifnya akan memperlihatkan kondisi sebenarnya output power yang dikeluarkan oleh power supply. Disisi lain power bisa saja menunjukan angka voltage dibawah atas diatas normal karena adanya beban dari pemakaian daya pada power supply. Asalkan tidak melewati batas toleransi maka output power supply dapat diterima. Asalkan powr supply memang memiliki kekuatan atau output power yang memadai dan cukup menyuplai daya ke perangkat computer.
Bila anda berkeinginan memeriksa power output pada power supply, sebaiknya cukup berhati hati jangan sampai terjadi short atau terjadinya hubungan antara plus dan minus. Seperti biasa, resiko ditangan anda ketika sedang memeriksa dan harus sangat hati hati untuk menghubungkan multimeter ke connector power supply.(obengware/dafis)
 

Pengetahuan pada artikel kali ini adalah :
Flash Disk mengalami Write Protect Error
Anda tidak dapat membuang file atau memasukan file ke dalam Flash Disk
Upaya melakukan format pada Flash Disk mendapatkan pesan Write Protect
Flash Disk terkadang mengalami hal yang sama bila digunakan oleh computer berbeda. Dan tetap tidak dapat digunakan oleh computer anda, walaupun terkadang dapat bekerja pada computer lain

Pesan ditampilkan pada Windows XP :

Pada pesan pertama, pesan muncul ketika dilakukan format

Pesan ke 2 ketika file lakukan write file atau memindahkan file ke flash disk

Pesan ke 3 adalah pesan lainnya ketika flash disk dimasukan data dari harddisk







Tip dengan CHKDSK dan Format melalui Dos Prompt:

Masuk ke DOS Prompt Windows XP dan ketik CHKDSK /F Drive letter : (chkdsk /f v:)
Selesai memeriksa dari Check Disk (CHKDSK), coba anda buang file yang ada pada Flash Disk dengan perintah Del drive letter:*.*. Contoh pada perintah membuang file dari Flash Disk di drive V: adalah DEL V:*.*
Sekali lagi anda coba format dengan perintah Dos Promt. Format V:
Atau gunakan cara melalui Computer Management dan lihat volume drive V, dan anda coba format. Bila masih terdapat pesan error lakukan boot pada computer

Tahap 1


Tahap 2


Tahap 3.4


Result
Flash disk anda mengalami corrupt. Cara yang disebutkan diatas adalah untuk memperbaiki flash disk yang corrupt file dan mengalami file protect ketika mengcopy atau memindahkan data serta tidak dapat melakukan format.

Selesai melakukan format pada Flash Disk, tetapi anda mendapat pesan yang sama ketika melakukan format. Coba anda lakukan boot pada computer untuk me-refresh Windows XP agar mengenal Flash Disk anda. Bila masih mengalami hal sama, coba anda ulangi kembali melakukan chkdsk, bila masih terdapat pesan invalid link. Bila kedua kalinya anda masih mengalami hal tersebut, cara yang kami berikan tidak berlaku untuk flash disk anda ;-)

Kasus Flash Disk Write Protect terkadang hanya terjadi pada satu buah computer sementara beberapa waktu masih dapat digunakan oleh computer berbeda. Tetapi dapat juga langsung terjadi pada semua computer yang ketika anda menghubungkan Flash Disk anda baik pada sistem Windows XP atau OS lain

Hal lain dapat saja membuat error pada flash disk anda dan belum tentu disebabkan karena corrupt file yang membuat kasus seperti diatas.(obengware/dafis)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar