Ada kesalahan di dalam gadget ini

Sabtu, 22 November 2008

Chatting Alternatif dan Antivirus

Media Chating Alternatif

Jumat, 2008 Maret 21
Temen-temen suka chating..? Ini ada sedikit info buat temen-temen yang suka chat yang bisa menjadi media alternatif chating selain Yahoo Messenger dan Google Talk yang terkenal itu. Ok..silahkan mencoba....

Silahkan temen-temen kunjungi website ini : http://www.meebo.com, atau klik disini Begitu temen-temen masuk ke halaman utama, kita akan dihadapkan pada pilihan chating sesuai selera kita. Jika temen-temen sudah punya ID Yahoo Messenger disitu temen-temen tinggal masukin ID-nya. Begitu pula jika temen-temen sudah punya ID Google talk, MSN, Aim atau meebo. Jadi temen-temen gak usah khawatir, jika temen-temen tidak punya ID Yahoo Messenger dan sudah memiliki ID Google talk, silahkan masukan ID pada kolom yang telah disediakan. Setelah masukan password, tinggal tekan enter...dan temen-temen telah siap untuk chating.

Saya sendiri sudah beberapa kali chating lewat meebo.com ini, dan responnya lumayan cepet, karena tampilan meebo.com tidak banyak gambar-gambar animasi seperti di Yahoo yang banyak memakan banwith.

Jika temen-temen sudah pasang icon Yahoo Messenger di blog, silahkan temen-temen cek. Pada saat temen-temen login Yahoo Messenger lewat meebo.com, saat itu pula icon Yahoo Messenger di blog berubah menjadi aktif ( on line ). Kalo tidak percaya silahkan mencoba. Dan kalo berhasil silahkan berikan komentar pada tulisan ini..he..he..he...

Gimana jika temen-temen kepingin juga memiliki ID di meebo.com...? Gampang....
Temen-temen tinggal klik tulisan "sign up" pada kotak meebo.com. Isi data-data yang diperlukan dan setelah selesai, saat itu juga ID langsung aktif.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Legalkah Antivirus Gratis Temen-temen Blogger ...?

Jumat, 2008 Maret 14
Sekali lagi..., ini adalah tulisan yang saya kutip dari sebuah situs antivirus. Barangkali temen-temen pernah baca, tapi tidak ada salahnya saya tuangkan disini. Siapa tau ada temen-temen blogger yang belum pernah baca. Semoga bermanfaat ....

Jika temen-temen pengguna software Antivirus Gratis, perlu anda ketahui bahwa syarat ketentuan pengguna lisensi Gratis ini adalah harus memenuhi dua ketentuan dasar, yaitu privat (home user) dan non commercial (tidak boleh untuk kepentingan bisnis). Jadi dengan melihat seorang pengguna alamat email komersial (perusahaan) dengan footer AVG Free Edition, ibarat ayam negeri menyodorkan lehernya untuk dipotong jadi ayam goreng karena menyalahi ketentuan EULA (End User License Agreement).

Menggunakan antivirus tidak salah dan bagi pengguna OS Windows sudah merupakan satu praktek sekuriti yang disarankan. Menggunakan antivirus gratisan juga tidak salah, yang salah adalah menggunakan antivirus gratisan tanpa membaca apa saja syarat menggunakan aplikasi gratisan tersebut. Di internet dapat anda temui setidaknya 5 (lima) vendor antivirus yang menyediakan antivirus secara gratis dengan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi dan beberapa keterbatasan fitur.

Satu catatan tambahan adalah antivirus yang gratis ini selain tidak boleh untuk kepentingan komersial, juga versi antivirus yang gratis ini hanya yang home user dan bukan versi jaringan / korporat. Apa beda home user dengan korporat ? Pada prinsipnya antivirus korporat memiliki kemampuan update terpusat sehingga menghemat bandwidth dan fitur manajemen antivirus dari jaringan yang memungkinkan administrator dapat memonitor dan mengontrol aplikasi antivirus semua komputer di jaringannya dari server antivirus dan jika ada serangan virus tidak perlu mengunjungi seluruh komputer satu persatu (teorinya :P). Salah satu fitur yang menarik dari antivirus jaringan adalah early warning atas serangan virus ke jaringan dan statistik serangan virus pada suatu jaringan yang jika digunakan dengan tepat dapat mencegah akibat lebih buruk dari serangan virus dan mendidik pengguna komputer di jaringan perusahaan untuk disiplin menjalankan kebiasaan berkomputer yang aman.

Lalu siapa saja yang menyediakan antivirus gratis dan dimana saja alamatnya ? Antivirus gratis mana yang direkomendasikan ?
Antivirus gratis yang dapat anda gunakan secara secara legal untuk kepentingan non komersial (home user) adalah :

1. AVG Antivirus Free Edition http://free.grisoft.com
2. Avira Antivir PersonalEdition Classic http://www.free-av.com
3. Avast ! 4 home edition http://www.avast.com/eng/avast_4_home.html
4. PC Tools AntiVirus 3.1 Free Edition http://www.pctools.com/free-antivirus/
5. BitDefender 8 Free Edition http://www.bitdefender.com.sg/PRODUCT-14-sg-- BitDefender-8-Free-Edition.html.

Lalu jika temen-temen menanyakan hal yang paling sering diajukan oleh pengguna komputer, antivirus mana yang terbaik ? Pertanyaan ini ibarat menanyakan motor mana yang terbaik Honda, Suzuki atau Yamaha dan jawabannya bisa beraneka ragam. Tetapi ada “ground rule” (peraturan dasar) bagi pengguna antivirus yang dapat anda pertimbangkan dalam memutuskan antivirus mana yang kira-kira cocok untuk anda. Pertama, antivirus yang terbaik adalah antivirus yang “terupdate”, jadi sekalipun anda menggunakan antivirus yang “katanya” gratisan dan terupdate secara teratur, perlindungan terhadap virus akan lebih baik dibandingkan dengan antivirus merek terkenal yang updatenya tidak teratur. Kedua, jika memungkinkan gunakan vendor antivirus yang peduli terhadap pengguna lokal dan memberikan support lokal pada produknya. Hal ini penting karena selain ancaman virus mancanegara (yang pada umumnya sudah terdeteksi dengan baik secara otomatis oleh mayoritas vendor antivirus) ada ancaman virus lokal yang sulit terdeteksi oleh antivirus mancanegara yang memerlukan support lokal dan kabar buruknya, Indonesia sekarang merupakan salah satu negara yang paling produktif menciptakan virus.

Lalu kembali lagi, siapakah diantara ke lima vendor antivirus tersebut yang dianggap terbaik ? Kalau yang terbaik, jawabannya sangat relatif. Berikut ini tabel simple yang penulis susun bagi pembaca Chip yang melihat banyaknya Award yang didapatkan produk antivirus dari Virus Bulletin (Organisasi antivirus dunia, badan independen yang sejak tahun 1980-an mengadakan pengetesan secara reguler atas berbagai merek produk antivirus terkenal beberapa kali setiap tahun pada berbagai platform OS). Selain itu ibaratnya Indonesian Idol, anda juga dapat mendasarkan keputusan pemilihan antivirus gratis dari banyaknya download yang dilakukan oleh pengguna internet seluruh dunia terhadap program antivirus Gratis.

Adapun data tersebut adalah sebagai berikut :
1. Avast! : 8.603.906 download, size : 14,18MB
2. AVG : 29.418.694 download, size : 22,55
3. Avira : 1.200.375 download, size :16,38
4. BitDefender : 65.589 download, size : 13,18
5. PC Tools : 743.125 download, size : 18,95

Jika temen-temen bertanya, saya menggunakan antivirus untuk kepentingan bisnis tetapi saya mencari antivirus yang gratis. Dimana bisa saya dapatkan ?
Hmm, pertanyaan yang cukup sulit. Tetapi masih ada jawabannya, dengan catatan anda harus usaha sedikit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar